JURNAL RISET AKUNTANSI JAMBI
Vol 1 No 2 (2018): JURNAL RISET AKUNTANSI JAMBI

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN MINAT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (SURVEI PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS JAMBI)

Apriandi, Rian Fitra (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2018

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenaipengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengankepercayaan diri dan minat sebagai varaiabel moderasi. Responden padapenelitian ini berjumlah 145 mahasiswa akuntansi Universitas Jambi, tingkatpemahaman akuntansi pada penelitian ini di proksikan dengan nilai mata kuliahPAK I, PAK II, AKI I, AKI II, AKL I, AKL II, dan AKM. Penelitian inimenggunakan pengujian hipotesis berupa regresi sederhana dan moderatingregression analysis (MRA) untuk mendapatkan hasil pengujian regresi, maka datakuisioner yang didapatkan dalam bentuk dat ordinal fi transformasikan ke datainterval dengan menggunakan alat method of succesive interval (MSI). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruhterhadap tingkat pemahaman akuntansi. Serta kepercayaan diri berpengaruhterhadap hubungan antara kecerdasan emsional terhadap tingkat pemahamanakuntansi dan minat tidak berpengaruh terhadap hubungan antara kecerdasanemosinal dengan tingkat pemahaman akuntansi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRAJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Akuntansi jambi merupakan Jurnal yang dikelola program Studi Akuntansi Universitas Adiwangsa Jambi (UNAJA) yang mengkaji tentang ilmu Akuntansi dan sebagai sarana bagi dosen/ peneliti untuk menuangkan hasil penelitian yang telah dilakukan. jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu ...