JURNAL INOVASI EDUKASI
Vol 1 No 1 (2018): JURNAL INOVASI EDUKASI

Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII E SMPN 6 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Setting Group Investigation (GI)

Sukmaningthias, Novika (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Minat belajar merupakan aspek afektif yang penting dalam pembelajaran matematika. Aspekini menjadi salah satu dasar keberhasilan siswa dalam pencapaian pemahaman materimaupun prestasi dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untukMeningkatkan minat dalam pembelajaran matematika menggunakan model guideddiscovery setting group investigation pada kelas VIII E SMP 6 Yogyakarta. Jenis penelitianini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan minatbelajar matematika siswa kelas VIII E SMP N 6 Yogyakarta semester 1 tahun pelajaran2016/2017. Penelitian dirancang menggunakan model siklis. Desain penelitian tindakan inidirancang dalam beberapa 4 tahapan untuk setiap siklus yang mengacu pada modelKemmis dan McTaggart (Koshy, 2010: 5), yaitu: (1)perencanaan, (2)pelaksanaan,(3)pengamatan, dan (4)refleksi. Tindakan penelitian dilakukan dalam kompetensi dasarmenentukan gradien, persamaan, dan grafik garis lurus dan Sistem persamaan linear duavariabel. Untuk siklus pertama pada materi persamaan garis lurus dan siklus dua padamateri Penelitian dirancang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkansetelah diterapkan model guided discovery tipe Group Investigation (GI) minat belajarmatematika siswa meningkat hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator dalam mengukurminat siswa tersebut. kondisi minat siswa sebelum diberikan perlakuan adalah sebesar81,68% atau sedang, kemudian setelah diberikan perlakuan kondisi minat siswa berubahuntuk siklus 1 adalah sebesar 101,94% dan untuk siklus 2 adalah 103,39%. Berdasarkanapa yang telah dikemukakan diatas maka pembelajaran dengan menggunakan modelGuided discovery setting Group Investigation (GI) dapat meningkatkan minat belajarmatematika siswa .

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIE

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INOVASI EDUKASI Merupakan Jurnal Ilmiah yang memiliki fokus bidang Pendidikan sebagai wadah bagi peneliti untuk menuangkan hasil penelitiannya secara konseptual. terbit dua kali dalam setahun yakni bulan Februari dan ...