JURNAL SEKOLAH
Vol 3, No 1 (2018): Desember 2018

KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA “EKOSISTEM” KELAS V SDN JATINGALEH 01

Anindita, Hanum (Unknown)
Nuroso, Harto (Unknown)
Reffiane, Fine (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2018

Abstract

Abstrak: Keefektifan Model Talking Stick Berbantu Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Ipa Tema “Ekosistem” Kelas V SDN Jatingaleh 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Desain Quasi Experimental Design. Sampel penelitian yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen menggunakan model Talking Stick benbantu media Puzzle, kelas VC sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan model maupun media. Berdasarkan uji t diketahui thitung> ttabel(3,857> 2,045) dan pada uji gain mendapatkan hasil 0,4 dengan kriteria sedang. Jadi berdasarkan hasil yang didapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima berarti model Talking Stick berbantu media Puzzle terhadap hasil belajar IPA tema “Ekosistem” kelas V SDN Jatingaleh 01 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.                                                                                               Kata Kunci: Keefektifan, Model Talking Stick, Puzzle

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education

Description

JS (Jurnal Sekolah) memuat artikel yang berkaitan dengan hasil penelitian, pendidikan, pembelajaran, ilmu pengetahuan, budaya, teknologi, bahasa, seni, sosial, dan pengabdian masyarakat. Jurnal ini dikelola oleh Prodi PGSD dan terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September ...