Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 3 (2018)

Analisis kemampuan guru dalam menggunakan alat peraga matematika di SMP Negeri 5 Langsa

Salasiyah, Cut Intan (Unknown)
Zaki, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan guru dalam menggunakan alat peraga di SMP Negeri 5 Langsa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru matematika SMP Negeri 5 Langsa dan alat peraga. Sumber data digali dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi aktivitas guru terkait penggunaan alat peraga yang terintegrasi dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh informasi bahwa kemampuan guru menggunakan alat peraga belum optimal. Analisis wawancara dan observasi diperoleh informasi aktivitas guru yang terkait penggunaan alat peraga matematika tidak sampai  pada konsep atau rumus matematika yang dipelajari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan guru dalam menggunakan alat peraga di SMP Negeri 5 Langsa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru matematika SMP Negeri 5 Langsa dan alat peraga. Sumber data digali dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi aktivitas guru terkait penggunaan alat peraga yang terintegrasi dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh informasi bahwa kemampuan guru menggunakan alat peraga belum optimal. Analisis wawancara dan observasi diperoleh informasi aktivitas guru yang terkait penggunaan alat peraga matematika tidak sampai  pada konsep atau rumus matematika yang dipelajari. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Education

Description

Math Didactic adalah jurnal pendidikan matematika yang memuat hasil penelitian, kajian, dan pemikiran pada bidang pendidikan matematika. Diterbitkan tiga kali setahun, periode Januari-April, Mei-Agustus, dan September-Desember oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru ...