JURNAL MATEMATIKA STATISTIKA DAN KOMPUTASI
Vol 15, No 2 (2019): January 2019

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open-Ended Pada Materi SPLTV

Lutfi Ikrom, Syaiful (Unknown)
Ferdianto, Ferry (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA melalui pembelajaran open ended problem materi SPLTV. Jenis penelitian ini, yaitu deskriptif  kualitatif. Subjeknya adalah siswa kelas XII SMA. Tahap pembelajaran dalam penelitian ini adalah (1) Orientasi, (2) pembekalan materi, (3) penyajian dan pengerjaan soal open ended, (4) presentasi, (5) kesimpulan. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meliputi: (a) fluency, kemampuan siswa lancar dalam memberikan jawaban benar, (b) flexibility, kemampuan siswa dalam menggunakan berbagai cara penyelesaian masalah, (c) novelty, kemampuan siswa dalam memberikan jawaban yang baru dan berbeda dengan siswa lain. Penelitian ini hasilnya, bahwa siswa mempunyai kemampuan berpikir kreatif matematis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmsk

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal ini mempublikasikan paper-paper original hasil-hasil penelitian dibidang Matematika, Statistika dan Komputasi ...