JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 12 No 2 (2018): September 2018

PENGARUH KUANTITAS PRODUK DAN HARGA JUAL TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI JAMUR MERANG (Studi kasus Pada Kelompok Tani Paguyuban Kaola Mandiri Di Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember)


Alfiani, Fina, Ani, Hety Mustika, Hartanto, Wiwin



Article Info

Publish Date
16 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kuantitas produk dan harga jual terhadap pendapatan usahatani jamur merang di  Paguyuban Kaola Mandiri, dan untuk mengetahui pengaruh yang paling dominan antara kuantitas produk dan harga jual terhadap pendapatan usahatani jamur merang di Paguyuban Kaola Mandiri di Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 33 responden. Uji instrumen dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis varian garis regresi, koefisien determinasi berganda, uji F, uji t, efektivitas garis regresi berganda, standart error of estimate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kuantitas produk dan harga jual berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usahatani jamur merang pada kelompok tani Paguyuban Kaola Mandiri di Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember sebesar 68,8%, sedangkan 31,2% dipengaruhi faktor lain diluar model penelitian. Sementara itu, pengaruh yang paling dominan antara kuantitas produk dan harga jual terhadap pendapatan usahatani jamur merang pada kelompok tani Paguyuban Kaola Mandiri di Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember adalah kuantitas produk sebesar 58,5%.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (165.953 KB)
Original Source : https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/8565
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and ...