VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 6, No 2 (2015): NOPEMBER

MEMBENTUK KARAKTER BERTANGGUNG JAWAB WARGA NEGARA MELALUI PENDIDIKAN POLITIK (Studi Kasus pada Partai Politik PDI Perjuangan Di Kabupaten Sintang)

Juri, Juri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertolak dari keprihatinan mengenai suhu politik yang ada di  Kabupaten Sintang belakangan ini, berkaitan dengan aktivitas politik para politisi partai yang cenderung jauh dari nilai-nilai moral serta tanggung jawab terhadap masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mencapai kesadaran politik, dibutuhkan pendidikan politik secara formal maupun non formal. Bentuk pendidikan politik PDI Perjuangan berupa seminar, pelatihan, diklat, dan rapat partai. PDI Perjuangan dapat berperan layaknya Pendidikan Kewarganegaraan misalnya  sebagai sumber inspirasi akademik, dan sarana perubahan perilaku untuk membangun partisipasi politik warga negara yang bertanggung jawab. Dengan adanya muatan tersebut, diharapkan PDI Perjuangan dapat berjalan beriringan dengan Pendidikan Kewargangearaan guna mencapai kehidupan yang lebih baik. PDI Perjuangan belum bisa melaksanakan pendidikan politik secara maksimal dikarenakan berbagai kendala yang dihadapi.Kata Kunci: Karakter Bertanggung Jawab, Pendidikan Politik, Partai Politik, dan PKn.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...