Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 2 Tahun 2018

Perlukah Microteaching?-Representasi Kompetensi Profesional Mahasiswa Calon Guru Menggunakan Dokumen CoRe dan PaP-eR

Astuti, Andari Puji (Unknown)
Aziz, Abdul (Unknown)
Sumarti, Sri Susilogati (Unknown)
Bharati, Dwi Anggani Linggar (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara deskriptif kompetensi profesional mahasiswa calon guru matematika.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Informasi dikumpulkan dengan: (1) wawancara, (2) dokumentasi, dan (3) observasi. Penetapan sumber informasi dimulai dari informan kunci dan dilanjutkan dengan informan lain secara snowball. Data yang terkumpul dianalisis dengan: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional mahasiswa calon guru berada pada kategori sedang. Dari hasil penelitian ini, saran-saran yang ajukan diantaranya: (1) perlunya perbaikan sistem microteaching di UNIMUS terutama pada raw dan instrumental input (2) untuk meningkatkan keterampilan profesional mahasiswa calon guru maka diperlukan adanya kegiatan microteaching bersiklus yang disesuaikan dengan alokasi waktu real di sekolah mitra.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPMat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM | Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401 is peer reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization and models of mathematics education in ...