JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol 2 No 3 (2018): June 2018, 17 Articles, Pages 288-208

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT


Lukman, Lukman



Article Info

Publish Date
10 Jun 2018

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas XII IPA 2 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kuok. Tujuannya adalah untuk mengetahui meningkat tidaknya hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan Menulis Surat Lamaran Kerja pada siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kuok melalui penggunaan media Power Point. Penelitian tindakan kelas ini dengan subjek siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kuok Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Cara pengumpulan data penelitian ini yaitu melalui observasi, dan tes. Sedangkan indikator penelitian adalah ketuntasan belajar perorangan dan ketuntasan belajar klasikal. Dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasannya dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : bahwa ketuntasan belajar perorangan subjek penelitian dari kondisi awal sebesar 20% ke akhir siklus I yang mencapai 55% berarti mengalami kenaikan 35%. Dari siklus I ke akhir siklus II juga ada peningkatan ketuntasan belajar perorangan, yaitu dari 69% pada siklus I menjadi 88% di akhir siklus II. Dengan demikian dari kondisi awal ke kondisi akhir ketuntasan belajar perorangan mengalami peningkatan 35%. Hal tersebut juga terjadi peningkatan pada ketuntasan belajar klasikal, yaitu 52% pada kondisi awal menjadi 88% pada kondisi akhir yang berarti terjadi kenaikan sebesar 36%.


Copyrights © 2018







Original Source :
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...