AKUNTANSI DEWANTARA
Vol 2, No 2 (2018): AKUNTANSI DEWANTARA VOL. 2 NO. 2 OKTOBER 2018

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA AKUNTANSI BERKARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Akuntansi STIE YKPN Yogyakarta)

Hapsoro, Dody (Unknown)
Hendrik, Dhenayu Tresnadya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kemampuan akademik, gender, penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja, dan persyaratan menjadi akuntan terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan publik. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan sampel mahasiswa PPAk (Pendidikan Profesi Akuntan) dan mahasiswa S1 di STIE YKPN Yogyakarta. Sebanyak 120 mahasiswa akuntansi menjadi responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan akademik, penghargaan finansial, dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berkarir sebagai akuntan publik. Persyaratan menjadi akuntan berpengaruh negatif signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir sebagai akuntan publik dan gender tidak berpengaruh signifikan. Semua variabel yang diuji berpengaruh secara simultan terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan publik. Variabel yang paling berpengaruh dalam hasil penelitian ini adalah penghargaan finansial. Kata kunci: Kemampuan akademik, gender, penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja, persyaratan menjadi akuntan, pemilihan karir sebagai akuntan publik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

akuntansidewantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi Dewantara Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa merupakan media publikasi karya ilmiah. Jurnal ini akan kami terbitkan secara berkala untuk setiap periode (April dan Oktober) tiap tahunnya. Tujuan Jurnal Akuntansi Dewantara Fakultas Ekonomi adalah untuk ...