Basastra
Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE(TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISIOLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 14MEDANTAHUN PEMBELAJARAN2015/2016

Sianturi, Era Oktarina (Unknown)
Ambarita, Biner (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranThink Talk Write (TTW) terhadap peningkatan kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 14  Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 360 orang siswa.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test design.Dari pengolahan data yang diperoleh kemampuan menulis puisi sebelum menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)dengan rata-rata 58,87, sedangkan hasil kemampuan menulis puisi setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)diperoleh rata-rata 75,75. Berdasarkan uji ini normalitas hasil sebelum menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan sesudah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan diperoleh nilai thitung >ttabel yaitu 7,92> 1,68. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaranThink Talk Write (TTW) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Model pembelajaran Think Talk Write (TTW), menulis puisi.

Copyrights © 2016