FIKROTUNA
Vol 6 No 2 (2017): Desember 2017

Ajaran Pendidikan Anti Korupsi ibnu Athaillah (Menggali Nilai Pendidikan Moral-Sprititual dari Sebagian Untaian Hikmah Kitab Al-Hikam)

Rahem, Zaitur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Korupsi di Indonesis sudah mendarah daging. Dari tahun ke tahun, angka korupsi terus bertambah. Menyebar ke berbagai sudut birokrasi dan status sosial. Sejumlah gerakan dari Pemerintah dan organ taktis sistemik dilakukan. Pemberantasan dan perlawanan terhadap praktik korupsi seperti tak betaji. Sebab, satu ditangkap, tumbuh sekian oknum yang melakukan tindakan yang sama. Kembali kepada tipologi sosiologis masyarakat Indonesia, praktik korupsi ini bertentangan dengan akar budaya nenek moyang.  Korupsi bertentangan karena membuat kerusakan di berbagai sendi kehidupan bangsa Indonesia. Ada sekian orang yang tersakiti dan menjadi korban dari praktik-praktik korupsi. Mungkin, terapi metafisik versi Ibnu ‘Athaillah lewat nasehat-nasehat Al-Hikam akan menjadi penawar gurita korupsi di Indonesia. Setidaknya, untaian hikmah ini bisa menggedor kesadaran dan hati semua elemen bangsa Indonesia.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

fikrotuna

Publisher

Subject

Education

Description

FIKROTUNA: A journal of Islamic Education and Management published by office and coordinatorate staff of Research and Society Service Institution of Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Khairat, Pamekasan. This journal contains scientific studies on Islamic education and Management, educational ...