Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 2, No 1 (2018)

Aspek Pendidikan Karakter dalam Sinetron “Dunia Terbalik” dan Sumbangannya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra Indonesia di Sekolah


Rizki, Filantropi Nola, Irawati, Lulus



Article Info

Publish Date
16 Aug 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengidentifikasi aspek pendidikan karakter dalam sinetron Dunia Terbalik, (2) sumbangannya sebagai materi pembelajaran sastra Indonesia di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis isi. Sumber data yang digunakan berupa sinetron Dunia Terbalik, dengan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi atau content analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) aspek pendidikan karakter dari sinetron Dunia Terbalik meliputi: religius, kejujuran, kesabaran, kerja keras, cinta tanah air, kekeluargaan, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. (2) hasil aspek pendidikan karakter disumbangkan kepadaguru sebagai materi pembelajaran sasta Indonesia di sekolah dan dapat diterapkan dari tingkat jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini dapat digunakan untuk pengembangan materi pembelajaran sastra Indonesia berdasarkan aspek pendidikan karakter.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (1205.2 KB)
Original Source : http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/linguista/article/view/2687
Google Scholar : Check in googleschoolar