Jurnal Manajemen dan Organisasi
Vol 5, No 3 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi

Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kopi Luwak (Studi Kasus UMKM Careuh Coffee Rancabali-Ciwidey, Bandung)

Supriatna, Soni (Unknown)
Aminah, Mimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2016

Abstract

UMKM Careuh Coffee merupakan unit usaha yang bergerak di bidang agribisnis yang memproduksi dan mengolah kopi luwak. Terkait dengan unit usaha tersebut, tujuan dari tulisan ini adalah 1) mengetahui bauran pemasaran (marketing mix) yang telah diterapkan oleh UMKM Careuh Coffee; 2) mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi UMKM Careuh Coffee; 3) menyusun dan merekomendasikan alternatif strategi  yang efektif dan efisien untuk UMKM Careuh Coffee. Faktor-faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap perkembangan UMKM Careuh Coffee adalah Kondisi Finansial Perusahaan, Sumber Daya Manusia, Sikap Konsumen, Teknologi Informasi dan Lokasi. Penelitian ini menggunakan metode AHP, hasil alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh UMKM Careuh Coffee di antaranya penguatan SDM pemasaran.  Strategi ini bertujuan untuk membangun fondasi yang kuat agar UMKM Careuh Coffee berjalan dengan baik. Kemudian strategi selanjutnya berturut-turut adalah startegi integrasi ke  depan, optimalisasi digital marketing serta menerapkan promosi bellow-the-line marketing.Kata kunci: Careuh Coffee, strategi, metode AHP, MSMEs

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jmo

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen dan Organisasi merupakan media publikasi ilmiah yang memuat artiket-artikel; di bidang manajemen dan organisasi dengan ruang lingkup manajemen pemasaran, keuangan, sumber daya manusia dan operasi. Jurnal Manajemen dan Organisasi didedikasikan untuk menumbuhkan kreasi pertukaran ide ...