Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 1, No 1 (2017)

PENGEMBANGAN LKS BIOLOGI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 BENGKULU BERDASARKAN HASIL STUDI PEMANFAATAN TANAMAN OBAT DI RT.08 SUKAMERINDU KOTA BENGKULU

Suhidi, Aprianti (Unknown)
Kasrina, Kasrina (Unknown)
Irawati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keanekaragaman hayati tingkat spesies tanaman obat di Kelurahan Sukamerindu Kota Bengkulu, dan kelayakan LKS  kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu terhadap  LKS hasil pengembangan pada pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Borg and Gall. Penelitian tanaman obat ini dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan April 2017 sampai Mei 2017 di Kelurahan Sukamerindu Bengkulu dan uji coba LKS dilakukan di kelas X SMAN 1  Kota Bengkulu. LKS Keanekaragaman hayati jenis tanaman obat dinyatakan sangat valid dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. Organ dari tanaman obat yang bermanfaat sebagai obat bagi masyarakat Kelurahan Sukamerindu adalah daun, buah, akar, umni, rimpang, batang, bunga, getah, dan biji. Pemanfaatan yang paling banyak adalah daun dengan persentase pemakaian 40 jenis tanaman sebesar 43,8%. Jenis tanaman di pekarangan yang bermanfaat sebagai obat bagi masyarakat Kelurahan sukamerindu diperoleh 54 jenis tanaman dari 33 famili yang paling banyak dimanfaatkan adalah Zingiberaceae.Kata kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Tanaman Obat, Keanekaragaman Hayati, Metode Borg and Gall.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...