Mimbar Sekolah Dasar
Vol 5, No 2 (2018): Agustus

Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar

Khoeriyah, Ni'matul (Unknown)
Mawardi, Mawardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan kebermaknaan belajar dengan menggunakan desain pembelajaran tematik integratif alternatif berbasis kearifan lokal. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  model Stringer yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Instrumen pengumpulan data menggu-nakan instrumen soal, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskripsi komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil dan kebermaknaan belajar. Hal ini didukung dengan data yang menunjukkan ketuntasan hasil belajar tematik pada muatan Bahasa Indonesia, IPS, dan PPKn secara berturut-turut pada siklus I 72,5%, 52,5%, dan 65%. Kemudian meningkat pada siklus II yaitu 90%, 75%, dan 77,5%. Selanjutnya peningkatan kebermaknaan belajar pada kategori sangat bermakna ditunjukkan pada siklus I sebesar 87,5 % dan meningkat menjadi   95%  di siklus II.  Dengan demikian penerapan pembelajaran tematik integratif alternatif berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan hasil dan kebermaknaan belajar peserta didik kelas 4 SDN Gendongan 02.

Copyrights © 2018