IndoMath: Indonesia Mathematics Education
Vol 1, No 1 (2018)

Pengembangan Model Pembelajaran Konsep Bilangan Bagi Anak Dengan Mathematics Learning Disability di Sekolah Dasar Inklusi

Suwangsih, Erna (Unknown)
Putri, Hafiziani Eka (Unknown)
Widodo, Suprih (Unknown)
Ikhwanudin, Trisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan model-model pembelajaran matematika yang efektif bagi siswa dengan kesulitan belajar matematika di sekolah inklusi.  Rumusan masalahnya yaitu “Bagaimanakah model pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu anak kesulitan belajar matematika dalam memahami konsep bilangan?”. Penelitian ini menggunakan metoda Reseach and development (R&D). Data penelitian diperoleh dari hasil tes siswa dan pengamatan interaksi siswa dan guru. Penelitian ini menghasilkan model desain pembelajaran matematika bagi siswa dengan kesulitan belajar. Kesimpulan yang dihasilkan yaitu: (1) Model pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang penjumlahan dan pengurangan tiga angka, karena secara umum prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran berbeda secara signifikan. (2) Pembelajaran yang berlangsung lebih terpusat pada siswa (student centre), karena aktivitas siswa lebih besar dari pada aktivitas guru. (3) Penggunaan keterampilan alat peraga Matematika siswa meningkat dari pertemuan satu ke pertemuan dua. (4) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Matematika bersifat positif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Indomath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

IndoMath is a journal published every 6 months ie February and August managed by Mathematics Education, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. IndoMath has p-ISSN 2614-5103 and e-ISSN 2614-5111 IndoMath is a Scientific Journal that publishes articles of research or review studies in the ...