Agrotekma: Jurnal Agroteknologi dan Ilmu Pertanian
Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Agrotekma Juni

Respon Penggunaan Zat Perangsang Tumbuh Sintetik Dan Alami Pada Petumbuhan Stek Tanaman Hias Lidah Mertua (Sansevieria spp )

Hadi Reka Utama, Muhamad ( Universitas Medan Area )
Hasibuan, Syahbudin ( Universitas Medan Area )
Maimunah, Maimunah ( Universitas Medan Area )



Article Info

Publish Date
23 Oct 2017

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui respon tanaman lidah mertua terhadap hormon auxin dan ekstrak tunas air kakao yang berasal dari cupon atau tunas air kakao yang biasanya tidak dimanfaatkan pada pembudidayaan tanaman kakao. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap ( RAL ) faktorial dengan 2 ulangan. Faktor yang diteliti adalah ekstrak tunas air kakao dengan bahan baku cupon dengan 3 taraf, dan hormon auxin dengan merek dagang atonik dengan 3 taraf.      Dari hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut, adanya pengaruh berbagai perlakuan penggunaan berbagai konsentrasi Zat Perangsang Tumbuh Sintetik dan Alami terhadap pertumbuhan stek tanaman hias Lidah Mertua menunjukkan persentasi hidup yang nyata 91,7% hidup hingga 12 minggu.Tidak ada pengaruh terhadap pertumbuhan yang menunjukan beda nyata dan sangat nyata dalam parameter yang diamati dari setiap penggunaan berbagai konsentrasi ZPT sintetik dan alami terhadap pertumbuhan stek tanaman hias lidah Mertua.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

agrotekma

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Agrotekma is a Scientific Journal of Agro Technology located at the Faculty of Agriculture, University of Medan Area. Journal of Agrotekma presents the results of research with quantitative and qualitative approaches that are sourced on the development of cultivation research of plants and the ...