Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)
Vol 4, No 1 (2018)

Penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa


Febriana, Magfira, Al Asy ari, Hasan, Subali, Bambang, Rusilowati, Ani



Article Info

Publish Date
31 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Model pembelajaran inquiry berbasis pictorial riddle memanfaatkan media visual sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran materi gerak lurus. Analisis data menggunakan teknik kualitatif. Tahap pra-siklus menunjukkan keaktifan siswa mengajukan pertanyaan 5%, keaktifan siswa menjawab pertanyaan 5% , dan keaktifan siswa dalam diskusi kelompok 12,5%. Pada siklus I hasil keaktifan siswa mengajukan pertanyaan 40%, keaktifan siswa menjawab pertanyaan 6,7%, dan keaktifan siswa diskusi kelompok 62,5%.  Hasil siklus I menunjukkan belum ada peningkatan signifikan pada keaktifan siswa menjawab pertanyaan. Siklus II dilaksanakan dengan menambah pemberian reward  atau penghargaan bagi siswa aktif menjawab pertanyaan. Pada siklus II hasil persentase keaktifan siswa mengajukan pertanyaan 43%, keaktifan siswa menjawab pertanyaan 33,3%, dan keaktifan siswa diskusi kelompok 75%. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran inquiry pictorial riddle dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (958.952 KB)
Original Source : http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/1879
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

JPFK

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) with registered number ISSN 2442-8868 (printed), ISSN 2442-904X(online) is scientific journals which publish articles from the fields of physics and physics education. JPFK will publish in two times issues Volume 1, Numbered: 1-2 are scheduled for ...