Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 1 No 1 (2016): Pendidkan Kajian Tokoh

PENDIDIKAN ISLAM DAN LIBERALISME DI TENGAH PUSARAN ARUS KAPITALISME


Lisnawati, Lisnawati



Article Info

Publish Date
01 Jan 2016

Abstract

Pendidikan Islam dan Pendidikan liberal merupakan konsepsi teoritis  dalam mendesain pendidikan yang mengusung nilai-nilai humanis, demokratis dan membebaskan yang didasari oleh nilai-nilai islami. Sehingga konsepsi pendidikan Islam fundamental lebih di elaborasi lagi dalam persepektif Islam sehingga menemukan titik temu antara pendidikan Islam yang selama ini dianggap kaku, rigit  dan anti perubahan dengan konsep pendidikan liberal yang selama ini di klaim sangat idealis dan finacial orineted  dalam mengkonstruksi pendidikan konsepsi pendidikan dewasa ini. Selama ini respont yang digunakan oleh kelompok Islam dalam menghadapi serangan kapitalisme dalam sistem pendidikan Islam masih bersifat afirmatif yakni menguatkan keotentikan  Islam. Dalam kondisi seperti ini pendidikan Islam ditantang untuk dapat meretas  adanya distorsi nilai kemanusiaan, dengan demikian pendidikan Islam  untuk dapat kembali pada perannya sebagai institusi pematangan nilai-nilai kemanusiaan dan mengangkat harkat dan martabat manusia. Tugas yang cukup berat bagi institusi pendidikan Islam untuk mengembalikan pergeseran nilai kemanusiaan  tersebut. Pendidikan selama ini dianggap sebagai pabrik intlektual yang hanya mampu melahirkan aktor intlektual yang cerdas sementara proses penanaman nilai kemanusiaan seringkali terabaikan. 


Copyrights © 2016






Download : Full PDF (826.983 KB)
Original Source : http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/1729
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

mutaaliyah

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Muta’aliyah merupakan Jurnal Pendidikan Islam (JPI) di rencanakan akan terbit 1 kali setahun dengan fokus kajian Studi Pendididkan Islam secara komprehensif, Jurnal ini di harapkan mampu menjadi ruang kontemplasi dan perenungan pemikiran Pendidikan Islam secara kritis bagi semua kalangan ...