Jurnal Guru Kita PGSD
Vol 2, No 3: Juni 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTU MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD MUHAMADIYAH 01 PEKALONGAN

Nurkamaliah, Arini (Unknown)
Damayani, Ariestika (Unknown)
Ardiyanto, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2018

Abstract

Abstrak : Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantu MediaDiorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Tematik Kelas IV SDMuhamadiyah 01 Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model mind mapping berbantu media diorama terhadap hasil belajar siswa pembelajaran tematik kelas IV SD Muhamadiyah 01 Pekalongan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Muhamadiyah 01 KandangPanjang Pekalongan yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model mind mapping berbantu media diorama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pembelajaran tematik kelas IV SD Muhamadiyah 01.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Education

Description

JGK (Jurnal Guru Kita) berisi tulisan dari hasil penelitian, pendidikan, pembelajaran, ilmu pengetahuan, budaya, teknologi, bahasa, seni, sosial, fenomena, dan pengabdian masyarakat. Diterbitkan empat kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Jurnal ini dikelola oleh ...