Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2018)

Penerapan model pembelajaran direct instruction dipadukan dengan snowball drilling untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Jejangkit Muara 2

Agustina, Rahidatul Laila (Unknown)
Hidayatullah, Syarif (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar matematika  siswa dalam penerapan model pembelajaran direct instruction dipadukan dengan snowball drilling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bersifat kolaborasi. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran, aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama memperoleh skor 24, sedangkan pada pertemuan kedua memperoleh skor 29. dan pada siklus II pertemuan pertama memperoleh skor 32 sedangkan pada pertemuan kedua memperoleh skor 36. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I pertemuan pertama mencapai 52% sedangkan pada pertemuan keduanya 62%, dan pada siklus II pertemuan pertama mencapai 76% sedangkan pada pertemuan keduanya mencapai 89%. Hasil belajar berdasarkan tes akhir siklus I secara klasikal mencapai 65% kemudian meningkat pada siklus II mencapai 90%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Education

Description

Math Didactic adalah jurnal pendidikan matematika yang memuat hasil penelitian, kajian, dan pemikiran pada bidang pendidikan matematika. Diterbitkan tiga kali setahun, periode Januari-April, Mei-Agustus, dan September-Desember oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru ...