Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2018)

Pengaruh rasa ingin tahu terhadap koneksi matematis siswa pada pembelajaran trigonometri menggunakan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) di kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin tahun pelajaran 2016-2017

Apriyanto, Apriyanto (Unknown)
Royani, M. (Unknown)
Atsnan, Muh. Fajaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rasa ingin tahu, kemampuan koneksi matematis, dan ada tidaknya pengaruh rasa ingin tahu terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada pembelajaran trigonometri menggunakan model kooperatif tipe think talk write (TTW) di kelas X-1 SMA Negeri 10 Banjarmasin tahun pelajaran 2016-2017.  Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin tahun pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 226 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 10 Banjarmasin yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.  Hasil penelitian tentang pembelajaran trigonometri menggunakan model kooperatif tipe think talk write (TTW) di kelas X-1 SMA Negeri 10 Banjarmasin menunjukkan bahwa: (1) Karakter rasa ingin tahu siswa termasuk dalam kualifikasi sudah berkembang, (2) Kemampuan koneksi antar konsep matematika siswa termasuk dalam kategori baik, (3) Ada pengaruh karakter rasa ingin tahu terhadap kemampuan koneksi matematis siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Education

Description

Math Didactic adalah jurnal pendidikan matematika yang memuat hasil penelitian, kajian, dan pemikiran pada bidang pendidikan matematika. Diterbitkan tiga kali setahun, periode Januari-April, Mei-Agustus, dan September-Desember oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru ...