Paedagogia
Vol 20, No 1 (2017): Vol 20, No 1 (2017)

MODEL PEMBELAJARAN ANALISIS DILEMA MORAL BERDAMPAK POSITIF TERHADAP SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

Setiawan, Muhammad Auliya (Unknown)
Vien, Rima (Unknown)
Suryono, Hassan ( Program Studi PPKN, FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta )



Article Info

Publish Date
03 Mar 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penerapan model pembelajaran  analisis dilema moral dan sikap kepedulian sosial siswa dalam kompetensi dasar menampilkan sikap positif berpancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Grogol, Sukoharjo. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling dan sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan uji independen. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penghitungan nilai r-hitung,  r-tabel dan taraf signifikansi dapat disimpulkan bahwa penerapan model analisis dilema sosial memiliki dampak positif terhadap sikap kepedulian sosial siswa dalam bermasyarakat. Korelasinya digambarkan dengan persamaan regresi linear Ŷ = 64,103 + 0.5997X, dengan kontribusi penentu sebesar 17%.  

Copyrights © 2017