Kode: Jurnal Bahasa
Vol 4, No 2 (2015): KODE

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARIKATUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sirait, Meliana (Unknown)
Lubis, Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2015

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media pembelajaran karikatur terhadap kemampuan menulis teks  anekdot oleh siswa kelas x sma negeri  5 medan sebanyak 440 siswa dan sampel penelitian sebanyak 80 orang.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis. Nilai rata-rata kelas yang tidak menggunakan media karikatur 72 sedangkan yang menggunakan media karikatur 83. Pengujian hipotesis  = 5,60 , kemudian dikonsultasikan dengan t pada taraf  signifikan 5% = 1,99 dan taraf signifikan 1% = 2,64. Oleh karena  yang diperoleh lebih besar dari , yaitu 1,99<5,60>2,64 maka             hipotesis nihil () ditolak. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran karikatur berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan. Kata kunci : media karikatur, anekdot

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, terbit 4 (empat) kali dalam setahun. jurnal ini berisi hasil penelitian ...