Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 9 (2016): September 2016

DESKRIPSI DIDAKTOGENIK GURU FISIKA DI KOTA PONTIANAK PADA MATERI GAYA DAN GERAK

PERDANA, RIKI (Unknown)
Sutrisno, Leo (Unknown)
Mahmuda, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2016

Abstract

Abstak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberadaan didaktogenik sejumlah guru fisika tentang konsep gaya dan gerak. Terdapat 12 guru fisika yang terdaftar di Dinas Pendidikan Kota Pontianak berpartisipasi dalam penelitian ini. Para guru diminta memberikan komentar/koreksi tertulis mengenai jawaban soal fisika tentang hukum-hukum Newton yang dibuat secara khusus untuk penelitian ini. Setiap konsep terdapat dua pertanyaan yang ekuivalen disertai dengan jawaban yang salah atau yang benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komentar/koreksi guru mengandung didaktogenik. Jumlah komentar guru yang mengandung didaktogenik bervariasi. Konsep hukum Newton I dan hukum Newton II masing-masing tujuh (7) komentar. Konsep hukum Newton III dan penerapannya masing-masing empat (4) komentar. Didaktogenik para guru lebih banyak terungkap jika disajikan jawaban yang salah.   Kata Kunci: Didaktogenik, Hukum Newton, Komentar/koreksi guru   Abstract: This study was conducted to describe teachers’ didaktogenic about force and motion. The participants of the study were 12 teachers who officially recorded on The Office of Education Pontianak. Each participant was asked to assess about researcher’s work on several physics problems about Newton’s Law. There were two questions with answers for every concepts, correct and incorrect answers. Results reveals that most of the teacher’s comments have didaktogenic. There are seven (7) comments on Newton’s First Law and Newton’s Second Law, four (4) comments on Newton’s Third Law and the Application. They hold prevalent more didaktogenic when give comments on incorrec answer. Keywords: Didaktogenic, Newton’s Law, Teacher’s Comments

Copyrights © 2016