ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling)
Vol 6, No 2 (2018): ALIBKIN

Penggunaan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Amalia, Desyana Putri (Unknown)
Yusmansyah, Yusmansyah (Unknown)
Utaminingsih, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2018

Abstract

The problem in this research is the low of students’ learing motivation. The purpose of this study is to improve the students’ learning motivation of grade XI Senior High School 14 Bandar Lampung academic year 2017/2018. The method used in this research is pre experimental with one group pretest posttest design. The subjects of this research are 8 students. Data analysis in this study used Wilcoxon test. The result of this reaserch indicated that there is an increase in learning motivation by using group guidance. This can be seen from the result of pretest and posttest obtained Zhitung = -2.521 and Ztable = 1.645. Then, from the hypotesis, Ho is rejected while Ha is accepted. The conclusion in this study is Students’ Motivation can be improved by Using Group Guidance.Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental dengan desain one group pretest posttest design.. Subjek penelitian ini sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala motivasi belajar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest motivasi belajar yang diperoleh Zhitung = -2,521 dan Ztabel = 1,645, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan bimbingan kelompok.Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, motivasi belajar

Copyrights © 2018