Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 2, No 1 (2013)

Pemodelan Partisipasi Wanita dalam Kegiatan Ekonomi Rumah Tangga Nelayan di Pesisir Timur Surabaya

Harlianingtyas, Irma ( Jurusan Statistika, Fakultas MIPA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS Jl. Arief Rahman Hakim, Surabaya 60111 )
Kusrini, Dwi Endah ( Jurusan Statistika, Fakultas MIPA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS Jl. Arief Rahman Hakim, Surabaya 60111 )
Susilaningrum, Destri ( Jurusan Statistika, Fakultas MIPA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS Jl. Arief Rahman Hakim, Surabaya 60111 )



Article Info

Publish Date
15 Mar 2013

Abstract

Surabaya memiliki potensi sumber daya alam yang cukup besar, khususnya di daerah pesisir. Perhatian terhadap potensi sosial masyarakat yang mengelola sumber daya alam tersebut secara berkelanjutan juga diperlukan. Nelayan yang seharusnya dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam justru masih terpuruk dalam kemiskinan. Wanita nelayan berperan penting dalam kegiatan ekonomi rumah tangga nelayan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola hubungan partisipasi wanita dalam ekonomi rumah tangga nelayan berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi, khususnya di Kecamatan Bulak, Mulyorejo dan Kenjeran Surabaya. Penelitian menggunakan regresi logistik biner, dengan variabel respon adalah partisipasi wanita yang terbagi menjadi istri bekerja dan tidak bekerja. Hasil analisis diperoleh variabel prediktor yang signifikan mempengaruhi partisipasi wanita dalam kegiatan ekonomi rumah tangga nelayan adalah usia suami, jumlah anggota keluarga, kondisi rumah, usia istri menikah, pendapatan suami, dan pengeluaran konsumsi.

Copyrights © 2013