Journal of Mechaninal Engineering Education
Vol 4, No 2 (2017): Desember

Komparasi Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Berdasarkan Hasil Belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif

Nuryana, Eki (Unknown)
Kusumah, Inu H. (Unknown)
Noor, Ridwan A.M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2018

Abstract

Hasil belajar mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) yang mengalami penurunan setelah melaksanakan pembelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang hasil belajar TLDO dan PKKR, serta perbedaan hasil belajar PKKR berdasarkan hasil belajar TLDO. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausal komparatif dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI TKR SMKN 1 Majalengka tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 140 orang. Sampel diambil sejumlah 70 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Teknik analisa data dalam penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan teknik statistik. Hipotesis diuji dengan menggunakan Uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hipotesis umum dalam penelitian ini adalah: “Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKKR jika didasarkan pada hasil belajar TLDO”. Hasil penelitian diperoleh prosentase hasil belajar TLDO predikat rendah sebesar 64,29 % dan berpredikat tinggi sebesar 35,71 %, serta prosentase hasil belajar PKKR predikat rendah sebesar 74,29 % dan predikat tinggi sebesar 25,71 %. Hasil penelitian juga diperoleh besarnya “t hitung” sebesar 9,29 yang berarti menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar PKKR berdasarkan hasil belajar TLDO.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...