Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 2 (2017): April 2017

PENERAPAN METODE PEMBELAJARN INKUIRI DENGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS


Rafidah, Ummi, Elisa, Elisa, Susanna, susanna



Article Info

Publish Date
06 Apr 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, serta tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran inkuiri dengan media laboratorium virtual (Phet). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIPA4 SMAN 12 Banda Aceh yang berjumlah 29 orang siswa. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes tertulis, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan kemampuan guru, dan lembar respon siswa terhadap pembelajaran. Data penelitian dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil analisis data, menunjukkan bahwa penerapan  metode pembelajaran inkuiri dengan media media laboratorium virtual (Phet) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa juga sudah memperlihatkan keterlaksanaan menggunakan metode pembelajaran  inkuiri dengan media media laboratorium virtual (Phet), keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menunjukkan peningkatan dari siklus I hingga siklus III, dan respon siswa setelah diterapkan  metode pembelajaran inkuiri dengan media laboratorium virtual (Phet) selama tiga siklus adalah positif. Disarankan untuk menerapkan metode ini pada materi-materi lain yang sesuai.Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiry, Media Laboratorium virtual Phet, Hasil Belajar           AbstractThis study aims to determine the increase in student learning, teacher and student activity, teachers ability to manage learning, as well as the students response to the application of methods of inquiry learning with virtual laboratory media (Phet). The subjects were students of class XI-MIPA4 SMAN 12 Banda Aceh totaling 29 students. The approach applied in this research is descriptive statistical approach. This type of research is the Classroom Action Research (PTK). Data collection instrument used was a written test sheet, sheet teacher and student activity observation, observation sheets ability of teachers, and student response sheet to learning. The research data were analyzed using percentage test. The results of data analysis showed that the application of the method of inquiry learning with media media virtual laboratory (Phet) can improve student learning outcomes, the activities of teachers and students also showed keterlaksanaan using inquiry learning with media media virtual laboratory (Phet), teachers skills in managing learning showed an increase from the first cycle to the third cycle, and the students response after the applied method of inquiry learning with virtual laboratory media (Phet) for three cycles is positive. It is advisable to apply this method to other materials as appropriate.Keywords: Inquiry learning, virtual Phet Media Laboratory, Learning Outcomes


Copyrights © 2017






Download : Full PDF (102.262 KB)
Original Source : http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2814
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...