Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI DINAMIKA PARTIKELKELAS X-IPA 3 DI MAN DARUSSALAM

Ariyani, Lia (Unknown)
Kasli, Elisa (Unknown)
Halim, A (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2017

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan tiga siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA3 MAN Darussalam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan angket aktivitas guru dan siswa. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan pencapaian ketuntasan klasikal dari siklus 1 sebesar 70%, siklus 2 sebesar 85%, dan siklus 3 sebesar 95%. Sedangkan aktivitas siswa Pada siklus 1 memperoleh skor 1,89 dengan kategori kurang efektif, pada siklus kedua memperoleh 2,23 dengan kategori efektif, dan pada siklus ketiga memperoleh 2,97 dengan kategori efektif. Sehingga dari penelitian ini di dapatkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas X-IPA3 MAN Darussalam pada materi dinamika partikel. Dalam hal ini, guru perlu dilatih dan membiasakan diri dalam menggunakan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) dalam pembelajaran serta dapat melakukan penelitian lebih lanjut sehingga dapat membuat siswa lebih menyukai pelajaran IPA di sekolah, terutama pelajaran fisika.Kata Kunci: Model Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar AbstrackPurpose of Research Singer is to review the findings determine the increase of learning and using with activities Student Learning model Type Two Stay Two Stray (TSTS). The singer is a class action research study, with three cycles, with each cycle consists of four in phase, ie: Planning, Implementation, observation, and reflection. Subject hearts Research singer is Class x-man ipa3 Darussalam. The data collection techniques hearts Singer Research study using the test results and questionnaires activities Teachers and Students. Held average value of student learning results with achievement of classical completeness from cycle 1 by 70%, amounting to 85% cycle 2 and cycle 3 amounted to 95%. While activities in cycle 1 Students gain of 1.89 scores with category Ineffective, on cycle with categories both gained 2.23 Effective, and at cycle with Third gained 2.97 Effective category. So of research Singer in getting that application of learning model Type Two Stay Two Stray (TSTS) can be improve learning results and grade Students activities X-ipa3 darussalam man on matter particle dynamics. In singers, teachers should be trained and familiarize Yourself hearts Learning Model using two stayed two wild (TSTS) Learning And hearts can be doing further research that can be more make more students liked the IPA in school, especially physics lesson.Keywords: Cooperative Model Type Two Stay Two Stray (TSTS), Learning Outcomes

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...