Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017

IDENTIFIKASI DAN REMEDIASI MISKONSEPSI KONSEP HUKUM NEWTON DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI MAN DARUSSALAM

Zulvita, Ria (Unknown)
Halim, A (Unknown)
Elisa, . (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2017

Abstract

AbstrakPenelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa pada materi Hukum Newton dan meremediasikan miskonsepsi menggunakan metode eksperimen. Pada jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA 3 MAN Darussalam tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal choice 4 option dengan menggunakan kriteria CRI (certainty Responden Index) dan alasan responden. Sedangkan untuk meremediasikan miskonsepsi menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan adanya miskonsepsi yang terjadi pada siswa dibuktikan dengan persentase rata-rata hasil yang didapat sebelum melakukan remediasi yaitu, siswa mengalami Tahu Konsep (TK) sebanyak 15,4%, siswa yang mengalami Not Confident (NC) sebanyak 7%, siswa yang mengalami Tidak Tahu Konsep (TTK) sebanyak 30% dan siswa yang mengalami Miskonsepsi (M) sebanyak 44,8%. Dan setelah melakukan remediasi persentase Rata-rata hasil persentase yang didapat setelah melakukan remediasi yaitu siswa mengalami Tahu Konsep (TK) sebanyak 30%, siswa yang mengalami Not Confident (NC) sebanyak 13,6%, siswa yang mengalami Tidak Tahu Konsep (TTK) sebanyak 27%% dan siswa yang mengalami Miskonsepsi (M) sebanyak 25,6%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat mengurangi miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Peneliti menyarankan; penerapan metode eksperimen pada pembelajaran cukup efektif dalam meminimalisir terjadinya miskonsepsi pada siswa. Guru seharusnya memperkuat konsep awal kepada siswa agar siswa tidak mengalami miskonsepsi berkepanjangan. Untuk peneliti selanjutnya disarankan melakukan identifikasi lebih lanjut mengenai miskonsepsi yang terjadi pada materi fisika yang lain, mengingat sangat banyak materi fisika yang mengalami miskonsepsi seperti pada materi listrik dinamis.Kata Kunci: Identifikasi, remediasi, miskonsepsi, metode eksperimen, Hukum Newton The aims of this study were to determine the level of students misconceptions on Newtons laws, and remediate misconceptions using the experimental method. The type of research was descriptive research. The subjects were students of class X MIA 3, MAN Darussalam, school yearof 2016/2017 totaling 25 people. Data collection instruments used in this research were 4 option multiple choice questions using the CRI criteria (Certainty of Respon Index) and the respondents’ reasoning. To remediate misconceptions, the experimental methodwas used. The results showed that the misconception occured in students proved by the average percentage obtained prior to remediation. The percentage of studentswhounderstoodthe conceptswas 15.4%, the percentage of students who werenotconfidentwas 7%, students who did not understand theconceptswas 30% and students who hadmisconceptions was 44.8%. after remediation, the percentage of students whounderstood the conceptswas 30%, the students who werenotconfidentwas 13.6%, the students who did not understandthe conceptswas 27 % and the percentage of students who had misconceptions was  25.6%. Based on this research, it can be concluded that the experimental method can reduce misconceptions that occur in students. Researcher suggests that the application of the experimental method to learning is quite effective in minimizing the occurrence of misconceptions in students. Teachers should reinforce the initial concept to the students so that students do not experience prolonged misconceptions. For further research, it is suggested to identify more of the misconceptions that occur in other physics topics, considering many who have misconceptions such as on dynamic electricity topic. Keywords: identification, remediation, misconceptions, the experimental method, Newtons Laws.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...