Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah
Vol 2, No 2 (2017): Mei 2017

Loyalitas Konsumen Terhadap Minuman Kopi Arabika Di Kota Banda Aceh

Mukarramah, Mukarramah (Unknown)
Baihaqi, Akhmad (Unknown)
Ismayani, Ismayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2017

Abstract

Abstrak. Kopi Arabika adalah salah satu komoditas yang diprioritaskan pengembangannya oleh pemerintah Indonesia saat ini. Minuman kopi arabika dikota banda aceh telah menjadi terkenal yang di tandai dengan tumbuhnya usaha-usaha kedai kopi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan loyalitas konsumen terhadap minuman kopi Arabika di Kota Banda Aceh. Penelitian digunakan metode survei dengan sampel konsumen minuman kopi Arabika di Kota Banda Aceh. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Model analisis yang digunakan adalah uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan cita rasa memiliki hubungan loyalitas konsumen terhadap minuman kopi Arabika di Kota Banda Aceh. Hasil analisis data dengan menggunakan analisis korelasi Chi-square menunjukkan bahwa pada harga dan cita rasa, mempunyai hubungan positif dengan tingkat signifikan 0,017. Maka Ha diterima karena nilai peluang (Sig.) < tingkat signifikan α = 5% (0,05). Artinya variabel harga dan cita rasa mempunyai hubungan yang positif terhadap loyalitas konsumen.Consumer Loyalty To The Arabica Coffee Drink In The City Of Banda AcehAbstract. Arabica coffee is one of the preferred crop development by the government of Indonesia today. Arabica coffee drinks in the city of Banda Aceh has become famous in the mark with the growing efforts of the coffee shop. The purpose of this study to determine the relationship of consumer loyalty to Arabica coffee drink in the city of Banda Aceh. The study was conducted by a questionnaire survey on 100 consumers drink coffee Arabica in the city of Banda Aceh. The sample used in this study is purposive sampling method. The analysis model used is the Chi-square test. The results showed that the relationship of customer loyalty to the Arabica coffee drinks in Banda Aceh is the price and taste. The results of data analysis using Chi-square correlation analysis shows that the price and taste, have a positive relationship with a significant level of 0.017. So Ha received for value opportunities (Sig.) < a significant level α = 5% (0,05). This means that the variable price and taste positively related to customer loyalty. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JFP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JIMFP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Agribisnis, Prodi Agroteknologi, Prodi Peternakan, Prodi Teknologi Hasil Pertanian, Prodi Teknik Pertanian, Prodi Ilmu Tanah, Prodi Proteksi Tanaman dan Prodi Kehutanan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam ...