MIMBAR PENDIDIKAN
Vol 1, No 2 (2016): Volume 1 Number 2, September 2016

Penggunaan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Yulida, Roza (Unknown)
Kausar, Kausar (Unknown)
Andriani, Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

ABSTRAKSI: Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa Jurusan Agribisnis pada matakuliah Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, dengan penerapan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), yang dilakukan pada mahasiswa semester III (Ganjil) dan dilaksanakan selama 4 bulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas mahasiswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II pada enam indikator, yaitu: tanya-jawab antar mahasiswa; tanya-jawab antara mahasiswa dengan dosen; mengerjakan dan mendiskusikan LKM (Lembar Kerja Majasiswa); mempraktekan langkah-langkah metode penemuan terbimbing; menyajikan hasil kerja kelompok; serta menyimpulkan materi pelajaran bersama-sama dosen. Dalam menerapkan pembelajaran, sebaiknya dosen membuat perencanaan yang matang sehingga pembelajaran berjalan secara sistematis; dan membuat LKM yang lebih variatif. KATA KUNCI: Aktivitas Belajar; Mahasiswa; Dosen; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. ABSTRACT: “The Use of Guided Discovery Learning Model to Increase Students’ Activity and Learning Outcomes in the Subject of Agricultural Communication and Extension”. This research is to determine the increase in the learning activities and learning outcomes of Agribusiness Department stundents in the subject of Agricultural Communication and Extension, by implementing the guided discovery method. This is CAR (Clasroom Action Research) conduced to the 3rd semester students and was carried out for 4 months. The research results showed that students’ activity increased from the first cycle to the second cycle in six indicators: debriefing between students; debriefing between students and lecturers; working on and discussing student worksheet; practicing the guided steps of discovery model; presenting the results of group work; and drawing a conclusion of subject matter along with the lecturer. In applying the learning method, lecturers should make planning so that the learning goes systematically; and they should create more varied worksheet.KEY WORD: Learning Activities; Students; Lecturers; Learning Outcomes; Guided Discovery Learning Model.    About the Authors: Roza Yulida, M.Si.; Kausar, M.Si.; dan Yulia Andriani, M.Si. adalah Staf Pengajar pada Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian UNRI (Universitas Riau), Kampus Bina Widya, Jalan H.R. Soebrantas Km.12,5 Panam, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia. Alamat emel penulis adalah: rozayulida@gmail.com, kausar_ur@yahoo.co.id, dan yulia.andriani@lecturer.unri.ac.idHow to cite this article? Yulida, Roza, Kausar & Yulia Andriani. (2016). “Penggunaan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian” in MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, Vol.1(2) September, pp.189-200. Bandung, Indonesia: UPI [Indonesia University of Education] Press, ISSN 2527-3868 (print) and 2503-457X (online). Chronicle of the article: Accepted (June 19, 2016); Revised (August 17, 2016); and Published (September 30, 2016).

Copyrights © 2016