Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika
Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 10 Nomor 1 Februari 2017

PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMANT DIVISION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER DITINJAU DARI PRESTASI DAN SIKAP SISWA

Marlina, Mira (Unknown)
Sanjaya, Tantri Mega (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membandingkan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Students Team Achievmant Deivision (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) ditinjau dari prestasi dan sikap siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Pudong kelas VIII yang dibagi menjadi dua kekompok yaitu kelompok eksperimen I dan eksperimen II. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest non-equivalen multiple-group design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket. Data dianalisis menggunakan analisis multivariate (MANOVA) untuk menguji perbedaannya dengan t- T2 Hotelling dilanjutkan uji one sample t-test untuk menguji keefektifan masing-masing metode pembelajaran dan semua berada pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe STAD dan tipe NHT efektif ditinjau dari prestasi dan sikap siswa; (2) terdapat perbedaan sikap  siswa dengan pembelajaran tipe STAD dan tipe NHT; dan 3) tipe STAD lebih baik dibandingkan tipe NHT dalam meningkatkan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika.    Kata kunci: Students Team Achievment Deivision, Number Head Together, Pembelajaran Kooperatif, Prestasi, Sikap.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JPPM, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika is well-knowned as Jurnal JPPM. Jurnal JPPM is published by Mathematics Department of Sultan Ageng Tirtayasa University. JPPM publishes the research issues on mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom ...