Journal Communication Spectrum
Vol 1, No 2 (2011): Agustus 2011 - Januari 2012

POTENTIALS OF FACEBOOK AS A PEDAGOGICAL TOOL FOR COLLEGE LECTURERS Julia

Julia, Julia ( Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pelita Harapan )



Article Info

Publish Date
26 Jan 2012

Abstract

Dengan ditemukannya komputer dan World Wide Web (www) dalam dua dekade terakhir, cara baru dalam  online-communication -yang dikenal sebagai teknologi  Web 2.0, seperti blogs,  micro-blogging,  podcasts,  wikis, situs jaringan sosial, dunia maya (virtual world), video sharing, dan  photo sharing– telah muncul dengan potensi keunikannya masing-masing di dunia komunikasi dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan situs jejaring sosial, Facebook.com, sebagai alat bantu pendidikan bagi dosen dan mahasiswa di Universitas Pelita Harapan (UPH). Dengan menggunakan metode kualitatif melalui proses wawancara terhadap 10 dosen, peneliti menanyakan beberapa pertanyaan seputar penggunaan Facebook dan apa alas an mereka menggunakan medium tersebut sebagai alat bantu dalam mendukung kegiatan belajar-mengajar. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Facebook ketika digunakan secara rutin, mendorong relasi yang baik antara dosen dan mahasiswa, yang kemudian menghasilkan perilaku positif pada lingkungan belajar-mengajar yang merupakan hasil yang belum pernah diantisipasi. Kata kunci: Facebook, situs jejaring sosial, interaksi di kelas, komunikasi dan pendidikan, perangkat pedagogi

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

Journal_Communication_spectrum

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal Communication Spectrum Capturing New Perspectives in Communication, terbit dua kali setahun (Februari dan agustus) diiterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie (FEIS UB) sebagai media atau wacana persepektif baru di bidang ilmu ...