Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika
Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 10 Nomor 1 Februari 2017

PENGARUH INTERAKSI PEMBELAJARAN DAN LEVEL SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Nufus, Hayatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh interaksi pembelajaran dengan menggunakan aktivitas quick on the draw dalam tatanan pembelajaran kooperatif dan level sekolah terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek pada penelitian ini adalah tiga Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru yang masing-masing mewakili sekolah level tinggi, sedang, dan rendah dengan teknik pengambilan sampel stratified sampling dan purposive sampling. Metode yang digunakan adalah kuasi ekperimen dengan desain pretest-posttest kelompok tanpa acak serta melibatkan dua kelas dari setiap sekolah yang masing-masingnya sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi instrumen tes komunikasi matematis beserta alternatif jawabannya, serta perangkat pembelajaran yang terdiri atas silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, set kartu pertanyaan, dan lembar jawaban kartu pertanyaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan ANOVA dua jalur. Pengolahan data menggunakan bantuan SPSS 16 dan Microsof. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan interaksi faktor pembelajaran dan level sekolah terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Interaksi, Pembelajaran, Level Sekolah, Komunikasi Matematis.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JPPM, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika is well-knowned as Jurnal JPPM. Jurnal JPPM is published by Mathematics Department of Sultan Ageng Tirtayasa University. JPPM publishes the research issues on mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom ...