Dunia Teknologi Informasi - Jurnal Online
Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Dunia Teknologi Informasi

Implementasi Steganografi Pesan Text Ke Dalam File Sound (.Wav) Dengan Modifikasi Jarak Byte Pada Algoritma Least Significant Bit (Lsb)

Purba, Jhoni Verlando ( Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara )
Situmorang, Marihat (Unknown)
Arisandi, Dedy ( Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara )



Article Info

Publish Date
17 Dec 2012

Abstract

Kemajuan teknologi komputer yang sangat bermanfaat pada kehidupan manusia sekarang adalah kecepatan dalam menyampaikan informasi dari tempat yang jauh yaitu melalui Internet. Dalam pengiriman informasi tersebut terdapat masalah yang mengganggu keamanan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yaitu dengan mengubah bahkan mengganti informasi data dalam sebuah media data wav yang disampaikan. Penulis menggunakan steganografi dengan metode modifikasi Least Significant Bit sebagai media yang akan menyembunyikan informasi berupa setiap nilai–nilai bit data ke dalam nilai–nilai bit media audio. Bit-bit data yang akan disembunyikan atau diamankan dengan LSB ke dalam media audio. Setelah di analisis dan diimplementasikan maka di peroleh bahwa nilai–nilai bit yang disisipkan ke dalam media audio masih tampak seperti normal sehingga tidak menimbulkan kecurigaan bagi orang yang mendengar. Kemudian jika diekstraksi maka akan didapat kembali nilai–nilai bit yang telah disisipkan tersebut secara utuh. Dengan demikian, kriteria–kriteria steganografi yang baik yaitu imperceptibility, fidelity dan recovery dapat terpenuhi.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

duniait

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

jurnal Online Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi ...