Dunia Teknologi Informasi - Jurnal Online
Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Dunia Teknologi Informasi

Simulasi Pengamanan File Teks Menggunakan Algoritma Massey-Omura

Reza, Muhammad ( Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara )
Budiman, Muhammad Andri ( Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara )
Arisandi, Dedy ( Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara )



Article Info

Publish Date
17 Dec 2012

Abstract

Pada umumnya, kriptografi berhubungan dengan aktivitas menjaga komunikasi tetap rahasia dan khusus. Encryption (Enkripsi) adalah transformasi data ke dalam bentuk yang hampir tidak dapat dibaca tanpa pengetahuan yang cukup (misalnya kunci). Decryption (dekripsi) adalah kebalikan dari enkripsi, yaitu transformasi dari data yang telah dienkripsi (ciphertext) kembali ke bentuk semula (plaintext). Algoritma Massey-Omura merupakan sebuah pengembangan atas Three-Pass Protocol dan termasuk dalam kategori algoritma asimetris untuk kriptografi kunci publik. Sekuritas dari algoritma Massey-Omura ini terletak pada kesulitan menghitung logaritma diskrit dalam bidang terbatas sehingga upaya untuk menyelesaikan masalah logaritma ini menjadi sangat sulit. Algoritma Massey-Omura ini juga membutuhkan metode The Sieve of Eratosthenes untuk membantu membangkitkan bilangan prima, algoritma Euclidean GCD untuk mencari dua buah bilangan bulat yang relatif prima dan untuk proses enkripsi menggunakan algoritma Modulo Exponential yang berfungsi menghitung nilai perpangkatan modulo bilangan besar serta algoritma Modulo Invers untuk proses dekripsi. Perangkat lunak ini aplikasinya dapat digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi sebagai bentuk pengamanan file teks.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

duniait

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

jurnal Online Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi ...