REKAYASA
Vol 9, No 1: April 2016

Integrasi Servqual dan Quality Function Deployment Method untuk Meningkatkan Kualitas Layanan 4G LTE Telkomsel

Suhartini, Suhartini ( Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya )
Prayogo, Setyo Bayu ( Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya )



Article Info

Publish Date
03 Apr 2016

Abstract

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Telkomsel harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Sehubungan dengan maksud tersebut, maka PT. Telekomunikasi SelularĀ  (Telkomsel) berusaha meningkatkan kepuasan pelanggan khususnya pelanggan untuk region Bali-Nusra. Penelitian ini menggunakan integrasi metode Service Quality (Servqual) dan Quality Function Deployment (QFD). Hasil integrasi tersebut digunakan untuk mengetahui prioritas keluhan, menentukan target rencana perbaikan dan memberikan solusi agar target dapat tercapai berdasarkan nilai raw weight. Berdasarkan hasil perhitungan dengan servqual, didapatkan 22 atribut yang bernilai negatif. Untuk prioritas keluhan (voice of customer) yang diperoleh adalah jaringan 4G LTE Telkomsel yang lebih stabil. Kemudian yang kedua tarif layanan yang memuaskan. Sedangkan yang ketiga adalah coverage area dari jaringan 4G LTE Telkomsel. Untuk rekomendasi perbaikan berdasarkan nilai kontribusi terbesar adalah penerapan dan pengawasan terhadap SOP. Kemudian yang kedua yakni pengadaan (update) teknologi pelayanan terkini. Sedangkan rekomendasi yang ketiga adalah memberikan training kepada karyawan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

rekayasa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering Physics

Description

This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Science and Technology, In the the next year publication, Rekayasa will publish in two times issues: April and ...