Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia

LKS Inkuiri Terbimbing Mempengaruhi Peningkatan Keterampilan Mengidentifikasi Variabel dan Menentukan Langkah Kerja

Dwiputri, Hanni (Unknown)
Kadaritna, Nina (Unknown)
Sunyono, Sunyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2017

Abstract

This study aimed to describe guided-inquiry based students worksheet affects the enhancement of identifying variables and determining procedures skills. Samples in this study were students of class X MIPA 8 as an experimental class (use guided-inquiry based students worksheet) and X MIPA 2 as a control class (use conventional students worksheet). The research method used quasi experimental with non equivalent pretest-posttest control group design. The result showed that averagen-gain for experimental class is higher than control class. It confirmed that the guided inquiry based students worksheetaffects the enhancement of students identifying variables and determining procedures skills.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan keterampilan mengidentifikasi variabel dan menentukan langkah. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 8 sebagai kelas eksperimen (menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing) dan siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol (menggunakan LKS konvensional). Metode dalam penelitian ini menggunakan kuasi eksperimental dengan desain non ekuivalen pretes-postes kontrol grup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Artinya, penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi variabel dan menentukan langkah kerja.Kata kunci: inkuiri terbimbing, larutan elektrolit dan non-elektrolit, LKS, menentukan langkah kerja, mengidentifikasi variabel

Copyrights © 2017