JURNAL PENDIDIKAN DASAR
Vol 7, No 1` (2016)

KEPRIBADIAN DAN EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Sinulingga, Jani Natasari ( Dosen PGSD Universitas Mutiara Nusantara Medan )



Article Info

Publish Date
03 Mar 2017

Abstract

Abstrack: This research is one korelasionals research that aims to find personality relationship and efikasi self with learned motivation. Childrens living situation at evacuation impactedding to them psychological aspect, notably deep aspect motivates to study. Base hypothesis already being formulated, personality and efikasi self assumed in reference to student studying motivation. This research utilize surveys method, 95 student braze v elementary schools at posko evacuation is chosen at random. Instrument as kuesioner is validated through expertise and count quiz Pearson Product Moment and reliabilitass quiz is done by use of Alpha Cronbach . Hypothesis verification is done with analisis regression via tests f and find mass media model amaan is regression, and correlation coefficient among variable configurational, efikasi self with belajarHasils motivation research points out that relationship among configurational with learned motivation is .816(α . 001). Partial correlation is .629(α, . 001) among personality by motivates studying if done by pengontrolan to efikasis variable self. Relationship among efikasi self with learned motivation is .674(α, . 001). kprelasis coefficient efikasis partial self with learned motivation if variable configurational being controlled is .111(α, . 05). Found by configurational correlation coefficient and efikasi self with learned motivation is .819(α, . 001).Key word: personality, efikasi self, learned motivationAbstrak : Penelitian ini adalah sebuah penelitian korelasional yang bertujuan untuk menemukan hubungan kepribadian dan efikasi diri dengan motivasi belajar.Situasi hidup anak-anak di pengungsian berdampak terhadap aspek psikologis mereka, khususnya dalam aspek motivasi belajar.Berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan, kepribadian dan efikasi diri diasumsikan berhubungan dengan motivasi belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode survey, 95 siswa kelas V sekolah dasar di posko pengungsian dipilih secara acak.Instrumen berupa kuesioner divalidasi melalui uji kepakaran dan perhitungan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan Alpha Cronbach. Verifikasi hipotesis dilakukan dengan analisis regresi melalui uji F dan menemukan model persamaan regresi, dan koefisien korelasi antara variabel kepribadian, efikasi diri dengan motivasi belajarHasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara kepribadian dengan motivasi belajar adalah .816 (α .001). Korelasi parsial adalah .629 (α, .001) antara kepribadian dengan motivasi belajar jika dilakukan pengontrolan terhadap variabel efikasi diri.Hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar adalah .674 (α, .001). Koefisien kprelasi parsial efikasi diri dengan motivasi belajar jika variabel kepribadian dikontrol adalah .111 (α, .05). Ditemukan koefisien korelasi kepribadian dan efikasi diri dengan motivasi belajar adalah .819 (α, .001).Kata Kunci: kepribadian, efikasi diri, motivasi belajar

Copyrights © 2016