Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan
Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW


Susanto, Joko, Hasyim, Adelina, Darsono, Darsono



Article Info

Publish Date
12 Feb 2017

Abstract

The purposes of this study were (1) to improve the learning process by using a jigsaw models, (2) describe the learning process, (3) Describe the learning achievement in social studies through the jigsaw model.The method used classroom action research. With research subjects fifth grade students of state Elementary School 3 Way Terusan SP 3, the sample in this study amounted to 40 students. Data collected by observation and analyzed descriptively. Results from this study were : (1) planning the action begins with the preparation of Learning Implementation Plan (RPP), which is based on measures of learning by using learning model jigsaw, (2) the learning process of IPS with jigsaw method, (3) an increase in student achievement at the first cycle was with an average of 63%, the second cycle increased by an average of 72% in the third cycle was 85%.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw, (2) mendeskripsikan proses pembelajaran, (3) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar pada pelajaran IPS melalui model jigsaw.Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas(classroom action research). Dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 3 Way Terusan SP 3, sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan dianalisis secara deskriptif.Hasil dari penelitian ini : (1) perencanaan tindakan diawali dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang disusun berdasarkan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw, (2) proses pembelajaran IPS dengan metode jigsaw, (3) peningkatan prestasi belajar siswa siklus I rata-rata sebesar 63%, siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 72% pada siklus III sebesar 85%.Kata kunci: desain pembelajaran, prestasi, model pembelajaran jigsaw.


Copyrights © 2017







Original Source : http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTP/article/view/11854
Google Scholar : Check in googleschoolar