The International Journal of Technical and Vocational Education
Vol 9, No 1 (2013)

PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LOGIKA FUZZY

Saputra, Dede Irawan (Unknown)
Abdullah, Ade Gafar (Unknown)
Hakim, Dadang Lukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2013

Abstract

Makalah ini memaparkan hasil pengembangan model evaluasi pembelajaran dari serangkaian dimensi penilaian portofolio, proyek, presentasi proyek dan tes tulis. Penelitian dilaksanakan pada kegiatan praktikum teknik analog melalui model pembelajaran project based learning (PjBL). Logika fuzzy merupakan suatu alternatif alat pengambil keputusan yang dapat diaplikasikan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran. Keputusan akhir dalam evaluasi PjBL menghasilkan proses evaluasi yang tidak kaku dan objektif karena keputusan akhir dapat ditentukan melalui proses defuzzifikasi yang sepenuhnya dilakukan menggunakan fuzzy logic toolbox.  Model evaluasi berbasis logika fuzzy diharapkan mendapat trend yang baik dan bisa menjadi petunjuk untuk mengembangkan model evaluasi yang diadopsi di sekolah.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

invotec

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering

Description

INVOTEC (ISSN: e.2451-1336 p.11411-5514)is an internationally peer-reviewed journal devoted to the study and innovations in vocational technology education. Areas of interests include policies, philosophy, management, learning process, learning media and materials, teaching models and methods, and ...