JURNAL TEMATIK
Vol 6, No 3 (2016): Jurnal Tematik

Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Belief Siswa Antara Siswa yang Diberi PMR dengan PBM

Ichsan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2016

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan rata-rata  peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajarkan dengan PMR dan PBM; (2) perbedaan rata-rata  peningkatan belief (keyakinan) siswa antara siswa yang diajarkan dengan PMR dan PBM; (3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa antara yang diajarkan dengan PMR dan PBM; (4) peningkatan belief (keyakinan) siswa antara siswa yang diajarkan dengan PMR dan PBM. Penelitian berbentuk Pre Experimental Design dengan desain penilitian Two Group Pretest-Posttest. Intrumen dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan angket belief siswa. Adapun analisis data menggunakan uji-t dan gain score. Dari hasil penelitian menunnjukkan : (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah, siswa yang diajarkan dengan PMR lebih baik daripada dengan PBM, hal ini berdasarkan nilai thitung (=0,001) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif; (2) terdapat perbedaan belief (keyakinan) siswa, siswa yang diajarkan dengan PMR lebih baik daripada dengan PBM, hal ini berdasarkan nilai thitung(=0,001) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif; (3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan PMR lebih tinggi dari PBM, hal ini berdasarkan gain score; (4) peningkatan belief (keyakinan) siswa yang diajarkan dengan PMR lebih tinggi dari PBM, hal ini berdasarkan gain score.Kata kunci: pecahan, pendekatan matematika realistik, kemampuan pemecahan masalah, belief siswa, pembelajaran berbasis masalah

Copyrights © 2016