Jurnal Teknik ITS
Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Teknik ITS (ISSN 2301-9271)

Pengembangan Algoritma Biogeography-based Optimization (BBO) untuk Penyelesaian Single Machine Total Weighted Tardiness Problem (SMTWTP)

Safitri, Ade Lia D. (Unknown)
Santosa, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2012

Abstract

Permasalahan penjadwalan adalah salah satu permasalahan populer yang masih banyak diteliti. Salah satu masalah penjadwalan dasar adalah Single Machine Total weighted Tardiness Problem (SMTWTP). Permasalahan tersebut termasuk NP-hard sehingga tidak sesuai untuk diselesaikan dengan metode eksak. Saat ini telah banyak berkembang metode metaheuristik yang mampu memberikan solusi cukup bagus untuk permasalahn NP-hard. Salah satu metode metaheuristik baru yang mengadaptasi fenomena biogeografi adalah Biogeography-based Optimization (BBO). Algoritma BBO diketahui memiliki performansi yang cukup bagus untuk permasalahan kontinyu. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah algoritma BBO untuk menyelesaikan permasalahan diskrit yaitu SMTWTP. Dalam penelitian ini BBO mampu mencapai 57 nilai optimal dari 75 kasus berbeda. BBO memiliki performansi yang lebih baik dari Particle Swarm Optimization dengan 19 nilai optimal tetapi tidak lebih baik dibandingkan dengan Genetic Algorithm modifikasi yang mampu mencapai 67 nilai optimal.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...