Seminar Nasional Pendidikan IPA
Vol 1 (2017)

Penerapan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinasi di SMA Negeri 10 Palembang

Susanti, Devi Fitria (Unknown)
Anwar, Yenny (Unknown)
Suratmi, Suratmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Giving Question and GettingAnswer (GQGA) terhadap motivasi belajar pada Materi Sistem Koordinasi di SMA Negeri 10 Palembang.Metode penelitian yang digunakan pada adalahQuasi Eksperimentaldengan Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan lembar oservasi. Berdasarkan hasilAnalisis data dengan cara uji-t menggunakan Independent Sample t-test dengan nilai Sig (2-tailed) > 0,05diperoleh nilai thitung >ttabel yaitu 9,257 > 1,99.Nilai rata-rata motivasi belajar pada kelas eksperimen yakni 81,99% dengan kategori sangat kuat, sedangkan kelas kontrol 62,81% dengan kategori cukup. Penerapan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA)berpengaruhterhadap motivasi Belajar Peserta Didik Pada materi sistem koordinasi di SMA Negeri 10 Palembang.

Copyrights © 2017