Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 4, No 1 (2017): JURNAL J-IKA

Kritik Sosial Pada Media Sosial (Analisis Semiotika Pada Youtube “TV, Jasamu Tiada…”)

Christin, Maylanny (Unknown)
Rahayu, Lenggawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2017

Abstract

ABSTRAKKritik sosial adalah salah satu bentuk komunikasi dalam masyarakat yang bertujuan atau berfungsi sebagai kontrol terhadap jalannya sebuah sistem atau proses masyarakat. Salah satu channel youtube yang bernama Remotivi mengunggah salah satu video yang berjudul “Tv, Jasamu Tiada…”. Video ini berangkat dari kekecewaan masyarakat terhadap tayangan televisi saat ini. Peneliti ingin meneliti bagaimanakah bentuk kritik sosial yang disampaikan oleh video tersebut dengan menggunakan analisis semiotika dari John Fiske. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika.  Paradigma yang digunakan adalah kritis dengan teknik pengumpulan data menggunakan kajian dokumentasi dengan menganalisa langsung melalui tayangan video youtube “Tv, Jasamu Tiada…”. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh John Fiske tentang “The Codes Of Television”. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: petama, level realitas terdapat dua bidang kritik sosial yang dikritiki yaitu  ditujukan kepada dunia pertelevisian dan dunia pendidikan. Kedua, pada level representasi hal yang paling terlihat adalah pada bagian lirik lagu, serta teknik pengambilan gambar. Ketiga, level ideologi terdapat dua jenis yaitu ideologi kapitalisme untuk pihak televisi yang menyajikan tayangan dan ideologi kepatuhan untuk anak-anak yang menonton tayangan tersebut. Kata Kunci :  Kritik Sosial, Semiotika John Fiske, Video Youtube “Tv, Jasamu Tiada…”.  ABSTRACTSocial criticism is a form of communication in a society that aims or functioning as the control over the operations of a system or community processes. One Youtube channel named Remotivi uploaded one video titled "Tv, Jasamu Tiada...". This video goes from the disappointment of communities against the today’s tv footage. Researchers want to examine how form of social criticism presented by the video using semiotics analysis of John Fiske. This research used qualitative descriptive approach with a semiotics analysis. The techniques of data collection using the study documentation by analyze directly thr          ough the Youtube video of "Tv, Jasamu Tiada...". Data analysis techniques used in this research was conducted based on the theory by John Fiske about "The Codes of Television". The results of this research reveal that: first, on the reality level; there are two areas of social criticism that are being criticized, which dedicated to the world of television and the world of education. Second, on the level of representation, the most visible thing is on the part of the lyrics, as well as the shooting technique. Third, there are two types of ideological level, namely the ideology of capitalism for the television that serves display and ideological adherence to children who watch the footage. Keywords: Social Criticism, Semiotics John Fiske, A Youtube Video "Tv, Jasamu Tiada...".

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jika

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Jurnal J-IKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung) pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. J-IKA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Bahasa dan ...