Jurnal Informatika
Vol 3, No 1 (2016): Jurnal INFORMATIKA

MULTIMEDIA INTERAKTIF PELATIHAN SERVICE EXCELLENT MENGGUNAKAN PENDEKATAN STORY BASED LEARNING

Sanjaya, Rangga (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2016

Abstract

Abstract - Development of interactive multimedia story-based learning approach, aiming to provide alternative training to convey the material through short stories and case studies in accordance with the topic of discussion. The purpose of this study was to determine the effect of the use of interactive multimedia training service excellence through a story-based approach to learning. The method used to determine the results of research by pre-test and post-test on two groups of customer service staff are selected at random. Both groups, learn to use two learning approach, which uses interactive multimedia and text-book module (conventional). Interactive multimedia application development service excellent material covers divided into five modules consisting of reability, assurance, tangible, empathy, and responsiveness. Group learning using interactive multimedia has the level of advancement of learning outcomes is higher by 19% compared with conventional learning groups of 8%. The experimental group showed high levels of satisfaction towards the use of interactive multimedia.Keywords: Multimedia Interactive, Service Excellent, Story Based LearningAbstraksi – Pengembangan multimedia interaktif menggunakan pendekatan story based learning, bertujuan untuk memberikan alternatif pelatihan dengan menyampaikan materi melalui cerita pendek dan studi kasus sesuai dengan topik pembahasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pelatihan service excellent melalui pendekatan story based learning. Metode yang digunakan untuk mengetahui hasil penelitian dengan melakukan pre-test dan post-test terhadap dua kelompok staf customer service yang dipilih secara acak. Kedua kelompok, belajar menggunakan dua pendekatan pembelajaran, yaitu menggunakan multimedia interaktif dan modul text-book (konvensional). Pengembangan aplikasi multimedia interaktif mencangkup materi service excellent dibagi kedalam lima modul yang terdiri dari reability, assurance, tangible, emphaty, dan responsiveness. Kelompok belajar yang menggunakan multimedia interaktif memiliki tingkat kemajuan hasil belajar lebih tinggi sebesar 19% dibandingkan dengan kelompok belajar konvensional sebesar 8%. Kelompok eksperimen menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap penggunaan multimedia interaktif.    Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Pelayanan Prima, Pembelajaran Berbasis Cerita 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ji

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

JURNAL INFORMATIKA pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. JURNAL INFORMATIKA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Teknik Informatika, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi . Dengan artikel tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi ...