JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI
Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Juni)

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MOBIL HONDA PADA HONDA DAYA MOTOR DI KOTA PONTIANAK

Sumiyati, Sumiyati (Unknown)
Jakaria, Jakaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran yang dilakukan oleh Honda Daya Motor terhadap keputusan konsumen membeli mobil Honda pada Honda Daya Motor di Kota Pontianak. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah membeli mobil di Honda Daya Motor dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji kelayakan model.Hasil uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas menunjukkan bahwa data sudah memenuhi persyaratan valid, reliabel dan normal. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Persamaan regresi linear sederhana adalah Y = 3,240 + 0,250 X. Hasil koefisien korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,243 yang menunjukkan bahwa bauran pemasaran mempunyai hubungan yang positif namun rendah terhadap keputusan konsumen membeli mobil Honda di Honda Daya Motor. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,59 yang berarti bahwa 5,9% keputusan konsumen membeli mobil Honda di Honda Daya Motor dipengaruhi oleh bauran pemasaran dan sisanya sebesar 94,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini. Hasil uji kelayakan model nilai F hitung sebesar 6,159 > F tabel 3,94, dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,015 (lebih kecil dari 0,05), menunjukkan bahwa model regresi linear sederhana dapat digunakan untuk memprediksi keputusan konsumen membeli mobil Honda yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran.Kata kunci:  Bauran pemasaran, keputusan konsumen, honda daya motor

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jm_motivasi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Motivasi (JMM) adalah Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Juni dan Oktober) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu manajemen ...